top of page

Sebelum Beli Paramotor, Kenali Lebih Dalam Spesifikasinya

Anda suka olahraga paramotor? Berminat beli paramotor? Jika iya, alangkah baiknya jika Anda mengenal lebih dalam tentang paramotor. Paramotor atau paralayang bermotor merupakan salah satu olahraga yang sangat menyenangkan.


Bukan sekadar olahraga, aktivitas ini juga bisa menjadi kegiatan untuk wisata dan berpetualang. Olahraga ini sama tapi beda dengan paralayang, salah satunya adalah penggunaan paramotor. Paramotor bisa seharga mobil. Jadi, penting untuk mengetahui spesifikasinya agar Anda tidak salah pilih.


Apa itu Paramotor?


Sederhananya, paramotor hampir sama dengan paralayang. Pernah merasakan paralayang? Terbang menggunakan parasut. Namun, paralayang terbang tanpa menggunakan mesin sehingga penerbangan harus dari lokasi yang tinggi seperti, bukit.


Sedangkan paramotor jelas menggunakan mesin, bentuk sederhananya seperti lingkaran dengan mesin dan propeller atau baling-baling yang nantinya menghasilkan thrust atau gaya dorong sehingga pilot atau penggunanya bisa terbang walaupun dari landasan yang rendah.


Perlu Anda ketahui bahwa penerbangan seperti paramotor membutuhkan kursus dengan instruktur hingga mendapat lisensi. Terlebih jika Anda hendak terbang di area tertentu, misal dekat fasilitas negara, bandara, dan lain sebagainya maka butuh surat izin terbang (SIT) dari TNI Angkatan Udara dan NOTAM.


Sebelum Beli Paramotor, Ketahui Spesifikasi Paramotor Berikut!


beli paramotor

Sebelum membeli hendaknya Anda mengetahui spesifikasi paramotor. Beda merek dan jenis tentu memiliki spesifikasi paramotor yang berbeda, mulai dari tampilan fisik produk, spesifikasi teknis, hingga performa paramotor.


Beberapa paramotor memiliki detail bagian alat yang berbeda, seperti tempat duduk, mesin yang digunakan, detail propeller, reduction gear, detail harness, kapasitas tank, dan lain sebagainya. Berikut spesifikasi beberapa merek paramotor.


1. Paramotor Maverick


Harga satu set maverick bisa diatas 150 juta rupiah.Maverick memiliki kapasitas tangki bahan bakar hingga 17 liter, setiap jam membutuhkan 2,7 hingga 3,2 liter .Berat paramotor sekitar 20,5 kg. Thrust yang dihasilkan dari carbon e-prop propeller 1,25 m adalah sekitar 75 kg, dan 58 kg pada 9800 rpm.


Mesin yang digunakan adalah Vittorazi Moster 185 Plus lengkap dengan carbon cooling sebagai pendingin sehingga mampu menghemat bahan bakar, lebih andal, serta meningkatkan daya. Maverick ini cocok untuk pilot dengan berat antara 50-85 kg.


2. Zenith


Sama dengan Maverick, paramotor Zenith juga bisa menerbangkan pilot dengan berat antara 50 hingga 85 kg. Menggunakan yang digunakan adalah Vittorazi Atom 80. Kapasitas tangki sampai 12 liter yang mana per jamnya butuh 2,7 hingga 3,2 liter.


Berat promotor sekitar 24 kg, mesin memiliki power sebesar 16 hp pada 9500 rpm dan daya dorong 55 kg pada 9800 rpm. Spesifikasi propeller 1,3 meter helix 2 blade. Bahan bakar sama dengan Maverick, yaitu campuran bensin dengan 2% atau 1,5% oli Motul 800 Factory Line 2T Off Road.


3. Volution 3


Harga satu set Volution lebih mahal dari pada Maverick dan hampir sama dengan harga paramotor Zenith. Merek ini memberikan opsi peluncuran menggunakan kaki atau roda. Volution 3 dilengkapi dengan tiga roda Falco. Bisa untuk pilot dengan berat 80 sampai 120 kg.


Paramotor memiliki berat 32,3 kg dengan kapasitas tangki bahan bakar 14 liter dan butuh 3 liter per jam. Diameter airframe sekitar 57,5 inci, propeller 1,35 m 2 Blade Carbon. Power yang dihasilkan mesin sebesar 25 hp pada 7800 rpm, sedangkan thrustnya sekitar 78 kg pada 8500 rpm.

4. Scout NXT Paramotor

Scout NXT memiliki pelindung karbon dari leher hingga punggung. Spesifikasi rinci Scout NXT, yaitu memiliki berat mesin Vittorazi Moster Plus sekitar 9,6 kg. Diameter ring rakitan sekitar 58,2 inci dan tinggi total rakitan mesin sekitar 59 inci.


Anda bisa menyesuaikan ukuran harness, bisa untuk ukuran M, L, dan XL. Kapasitas penuh tangki bahan bakar bisa sampai 18 liter, lebih besar daripada Paramotor Zenith maupun Maverick. Durasi penerbangan bisa sampai 4 jam.


Harga Paramotor


Harga satu set paramotor mulai puluhan hingga ratusan juta rupiah, tiap agen mematok harga yang berbeda. Harga tersebut bisa lebih mahal karena biaya kirim, dari dalam negeri bisa ratusan hingga jutaan ribu rupiah. Jika Anda membeli dari luar negeri maka biaya kirimnya bisa mencapai puluhan ju