top of page

Terbang Tandem Paralayang dan Hal yang Harus Diperhatikan


Jika Anda ingin merasakan sensasi terbang paralayang namun tidak memiliki keberanian atau izin untuk terbang sendiri. Anda bisa mencoba terbang dengan tandem paralayang, teknik terbang ini memungkinkan para pemula untuk terbang paralayang.


Berbeda dengan terbang paralayang pada umumnya, terbang tandem dilakukan oleh dua orang. Umumnya, oleh satu orang profesional kemudian yang seorang lagi adalah penumpang atau pemula. Dengan begitu, seorang pemula pun bisa merasakan terbang dengan paralayang.



tandem paralayang
Gambar dari Pixabay


Tentang Teknik Tandem Paralayang

Untuk melakukan terbang paralayang seseorang perlu memenuhi berbagai persyaratan dan kualifikasi tertentu. Tidak hanya sekedar keberanian untuk terbang, pengalaman, izin, dan lisensi untuk melakukan paralayang diperlukan jika ingin terbang dengan paralayang.


Tentu saja, tidak semua orang bisa mendapatkan izin seperti itu. Anda yang mungkin tidak rutin melakukan aktivitas paralayang akan kesulitan mendapatkan izin apalagi lisensinya. Namun, masih ada cara untuk orang awam seperti Anda untuk merasakan sensasi terbang paralayang.


Caranya dengan terbang tandem, seperti yang disebutkan sebelumnya terbang tandem dilakukan oleh dua orang. Satu orang sebagai pengemudi dan satu orang lainnya sebagai penumpang dalam penerbangan tersebut.


Orang yang berperan sebagai pilot atau pengemudi akan berada di bagian belakang. Sedangkan, untuk penumpangnya akan berada di depan. Karena itu, terbang tandem ini sangat ideal untuk para pemula. Dengan didampingi oleh profesional sebagai pengemudi.


Anda yang tidak pernah bahkan tidak memiliki izin terbang paralayang pun bisa merasakan pengalaman terbang dengan paralayang. Tidak perlu pengalaman tertentu untuk melakukan penerbangan tandem ini. Anda hanya perlu penyedia jasa yang tepat untuk menyediakan instruktur yang profesional.


Hal yang Harus Diperhatikan Saat Terbang Tandem

Terbang tandem paralayang memang memungkinkan Anda yang tidak punya pengalaman untuk terbang. Karena ditemani oleh profesional, Anda tidak perlu melakukan apa-apa dan bisa menyerahkan kendali sepenuhnya pada pengemudi.


Namun, bukan berarti tidak ada hal yang perlu Anda perhatikan atau syarat yang harus Anda penuhi. Walaupun didampingi oleh profesional terbang paralayang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Banyak yang harus diperhatikan agar keamanan Anda terjamin selama aktivitas.


Berikut ini adalah berbagai hal yang harus Anda perhatikan. Jika Anda ingin mencoba pengalaman terbang tandem. Hal-hal ini sangat penting demi keselamatan diri Anda sendiri.


Pilih Penyedia Jasa yang Profesional dan Terpercaya


Hal pertama yang paling penting yang harus diperhatikan dalam melakukan aktivitas ini adalah memilih penyedia jasa. Pastikan penyedia jasa terbang paralayang yang dipilih merupakan penyedia jasa yang profesional dan terpercaya.


Hal ini akan sangat berpengaruh pada aktivitas terbang Anda. Karena memang terbang paralayang apalagi tandem bukanlah aktivitas yang bisa Anda siapkan sendiri. Anda perlu penyedia jasa, biasanya di spot-spot paralayang tertentu sudah tersedia penyedia jasa ini.


Anda juga bisa membooking perjalanan untuk terbang paralayang di penyedia jasa tertentu. Bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda.


Penuhi Persyaratan Terbang Tandem


Untuk terbang paralayang sendiri memang ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Apalagi, untuk terbang tandem ada beberapa persyaratan yang cukup spesifik. Mulai dari tinggi badan penumpang, berat badan, dan kondisi kesehatan saat terbang.


Persyaratan ini perlu Anda penuhi terlebih dahulu sebelum terbang. Dilarang terbang bagi Anda yang sedang dalam kondisi kurang sehat, phobia ketinggian, dan berbagai situasi lain. Biasanya masing-masing penyedia jasa memiliki ketentuannya sendiri untuk setiap orang yang ingin terbang.


Karena itu, penting bagi Anda untuk mencari informasi terlebih dahulu mengenai persyaratan untuk terbang tandem yang ditentukan penyedia jasa. Anda perlu memastikan sebelumnya apakah Anda sudah memenuhi persyaratan tersebut atau tidak.


Ikuti Semua Arahan Pengemudi


Tujuan adanya pengemudi atau instruktur terbang tandem adalah untuk menjaga keselamatan penumpang. Anda sebagai seorang pemula sudah seharusnya untuk memperhatikan dan melakukan semua arahan dari pengemudi yang profesional.


Dari take off, di udara, dan sampai kembali lagi ke tanah. Anda harus mendengarkan dan melakukan arahan yang diberikan oleh pendamping. Hal ini penting demi keselamatan Anda dan pendamping Anda nantinya. Jangan berlagak sok tahu atau mengabaikan arahan karena itu bisa sangat berbahaya.


Pastikan Tubuh Dalam Kondisi Sehat


Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada beberapa syarat tertentu bagi seseorang yang ingin terbang paralayang. Termasuk dalam terbang tandem, syarat terbang tandem yang utama adalah tubuh harus dalam kondisi yang sehat dan prima.


Angin kencang dan juga perubahan suhu saat terbang bisa mempengaruhi kondisi tubuh dengan cepat. Karena itu, tubuh Anda harus siap menerima itu semua dan dalam kondisi sehat. Jika memang sedang tidak sehat jangan memaksakan untuk terbang walaupun ditemani oleh pendamping sekalipun.


Tandem paralayang adalah alternatif bagus bagi Anda untuk terbang dengan paralayang. Bersama funfly Anda bisa mendapatkan pengalaman terbang yang tidak hanya menyenangkan. Namun dijamin aman, harga terjangkau, dan pelayanan yang berkualitas. Pilihlah funfly untuk terbang tandem Anda.